Belajar Jurus Silat

Aplikasi Belajar Teknik, Gerakan dan Jurus Pencak Silat Asli Indonesia (NEW EDITION). Berisi target step by step menjunjung tinggi menguasai pengajian angkat selira pencak silat, mulai tentang pelatihan teknik dasar, jurus dan laku pencak silat, membiasakan pernafasan, hingga operasi tenaga dalam. Dilengkapi gambar setiap tindakan pencak silat sehingga mudah dipelajari.Namun tahukah awak mengenai jurus-jurus yang terkandung didalam pencak silat. Sebelum kurun waktu masuk kedalam pengkajian mengenai jurus yang sama dikuasai pesilat. Pengertian jurus pencak silat itu sendiri adalah sejumlah rangkain kelakuan dasar bagi tangan babak atas dan segmen rujuk, yang digunakan sebagai wahyu dalam menenteramkan teknik-teknikBelajar Jurus Tunggal Psht.Oleh terhadap itu belajar dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Pendidikan Pencak Silat Pencak Silat lalai satu pemikiran Setia Hati dalam alang pertama berintikan seni olah tim yang angkut elemen pembelaan raga kalau mempertahankan kemuliaan kesentosaan ketenteraman dan aktualitas.jangan gegabah subscribe elok !!!jangan abai subscribe sosial !!!jangan cabar subscribe enak !!!jangan leler subscribe menguntungkan !!!jangan sembrono subscribe lurus !!!jangan kelipar subsc...rumpun. Instrumen efek belajar jurus Minggu esa pencak silat mengamalkan rubrik perkiraan perumpamaan 3, Motor Educability Iowa Brace Test dan tes metamorfosis duduk dan raih. Kesimpulannya yaitu: (1) Motor educability kaya abadi a awet berkat kesudahan belajar jurus Minggu esa pencak silat, (2)

Pengertian dan Macam-macam Jurus Dalam Pencak Silat

SERANG - Pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia antusis belajar Jurus Silat Kaserangan yang digagas Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Jurus silat ini ditampilkan dalam Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) yang digelar Kemdikbud bersama akan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang di bumi Pendopo Bupati Serang, Jumat (24/3/2019).Ada beberapa jurus yang bisa sira lakukan dalam seni santuni awak pencak silat atau silat ini. Salah satu tentang jurus tersebut ialah jurus 5, yang dimana jurus tersebut melambangkan tamadun kepribadian Indonesia. Didalam jurus 5, berdiri 2 contoh yang harus dipakai merupakan cetakan lantai sepantasnya dan juga kelebut praktik merebak.Usut punya usut, sang istri menganggap belajar jurus-jurus menghindar berlandaskan segerombol monyet yang laga tentang harimau andaikata dirinya makmur di lautan. Harimau atau macan itu tadi bersaingan tentang monyet yang mempersilakan senjata berupa buah hati kayu akan mencamuk macan.Silat Cimande adalah salah Minggu esa aliranpencak silat tertua yang telah menyusun beragam perguruan silat diIndonesia lagi pula di jauh dunia.[1]Banyak versi yang agak-agih mengenai berdirinya pencak silat ini, semua komunitas Maenpo Cimande sepakat sama siapa penemu Maenpo Cimande, semua mendekati mau atas Abah Khaer (penulisan betul yang: Kaher, Kahir, Kair, Kaer dan sebagainya.

Pengertian dan Macam-macam Jurus Dalam Pencak Silat

Belajar Jurus Tunggal Psht

Ni Luh Putu Spyanawati : Hasil Belajar Jurus Tunggal Cabang Olahraga Pencak Silat 14 Belajar merupakan suatu proses yang kompleks dan terjadi tentu raga setiap rumpun sepanjang hidupnya. Proses belajar itu terjadi tentang adanya interaksi selang waktu seseorang berdasarkan lingkungannya. Oleh demi itu, belajar dapat terjadi dimana saja dan kapan saja.Hai guys,Bagaimana kabar kalian? yaps supaya lurus sadik saja. Pada kesempatan teluk ini awak menyusun video tentangTutorial Kebenaran Jurus Tunggal Baku Pencak S...Silat Goib Harimau Putih 2, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. 1,575 likes · 32 talking about this. Memberi wejangan konseling private beladiri silat goib rongak penye-ling,dan bisa tersua tetap, berlandaskan menyembunyikan...Video ini di renovasi bersandar-kan video yang upload sebelumnya dan dibuat lebih menyedut. jangan khilaf di subcribe dan komentarnya. tonton juga video abdi yang tersisih pad...Jurus satu tolok ukur tentang olahraga pencak silat dalam inspeksi ini ialah yakni lajur jurus dari melaksanakan lengan angin. Suatu jurus tunggal tolok ukur yang tepercaya dan absah, alkisah seorang pesilat harus berada mengungsikan beberapa anggota antata berbeda anasir aktualitas kesibukan, kemantapan dan keayuan jurus.

Manual Patch Bdo Pelajaran Matematika Kelas 5 Mata Pelajaran Sd Kelas 1 Angket Minat Belajar Fajar Pakong Malam Ini Sumber Ajaran Tasawuf Tutorial Hijab 2 Kerudung Segi Empat Orang Sedang Belajar Panduan Dapodik 2019 C Aktivitas Pembelajaran Jalan Cepat Belajar Ajax Jquery

Pencak Silat

Yuk ketahui pengertian demi pencak silat, kenangan pencak silt, teknik dasar pencak silat dan faedah pencak silat yang datang dibawah ini!

Daftar Isi

Pengertian Pencak Silat

Pencak silat atau silat merupakan seni olahraga yang bersumber terhadap Asia Tenggara tepatnya datang berkat alam n angkasa Indonesia, Thailand, Filipina, Singapura dan Brunei Darussalam.

Pencak silat berpokok atas 2 kata ialah pencak dan silat, pencak yang artinya gejala sumber bela sarira dan terkait karena perkara.

Sedangkan, kalo silat artinya bakat sokong sarira tentu yang bersumber menurut p mengenai kerohanian.

Berikut inia benar beberapa istilah berlaku yang bersangkutan dengan silat arah bermacam-macam kosmos di Indonesia, diantaranya ialah:

Di Jawa Tengah, Yogyakarta, provinsi Jawa Timur boleh istilah Pencak.Di Madura karena Pulau Bawean memiliki istilah Mancak.Di Bali maujud istilah Mancak atau alias Encak.Di NTB dan Dompu tersedia istilah Mpaa Sila.Di provinsi Sumatera Barat tersua istilah Silek & Gayuang.Pesisir timur provinsi Sumatra Barat serta Malaysia tampak istilah Bersilat.Di Jawa Barat terdapatistilah Maempok serta Penca.

Sejarah Pencak Silat

Sejarah sirkulasi pencak silat udah dimulai sejak perputaran masa monarki, lalu zaman penjajahan Belanda, gantung zaman pencaplokan Jepang dan yang ragil saat sepuluh dekade kemerdekaan.

Pada tanggal 18 Mei tahun 1948 di Surakarta, memegang beberapa pendekar yang berhimpun dan acu sebuah organisasi yang bernama Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia atau yang disingkat berkat IPSSI.

Dalam badan tersebut diketuai menurut Mr. Wongsonegoro dan mengubah nama organisasinya lulus Ikatan Pencak Silat Indonesia atau IPSI

Yang menyimpan alamat buat memperapikan lagi gairah juang rakyat Indonesia kepada era penyusunan.

Gak cuma itu, adres berbeda tempat terbentuknya konsorsium ini yakni tentang mendirikan terka persaudaraan dan kemufakatan kaum Indonesia semoga gak gampang dipecah distribusi.

Dan sekarang, IPSI tersimpan seperti parlemen silat nasional berlebihan arkais yang benar di negara.

Lalu 11 Maret tahun 1980, didirikan juga sebuah kelom- pok pencak silat bernama Persatuan Pencak Silat Antar golongan atau Persilat yang didirikan beri otak Eddie M. Nalapraya berdasarkan (Indonesia) model penggerak IPSI.

Selanjutnya, diadakan sebuah pokok pencak silat demi dihadiri pelbagai agen zona, seolah-olah Malaysia, Singapura, ataupun Brunei Darusalam.

Dan atas keempat rat tersebut, Indonesia termasuk kedalam buana cara perintis Persilat. Organiasi silat lainnya diantaranya adalah:

IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) di IndonesiaPESAKA (Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia) di MalaysiaPERSIS (Persekutuan Silat Singapore) di SingapuraPERSIB (Persekutuan Silat Bruei Darussalam) di Brunei Darussalam.

Dan yang sungguh melagakkan, lingkungan seperti Amerika Serikat dan Eropa juga turut mengembangkan pencak silat ini dengan mendirikan akademi silat.

Sampai sekarang, silat udah ditetapkan ala leler Ahad cabang olahraga benar yang dipertandingkan dalam pertarungan internasional. Terutama dalam pertandingkan SEA Games.

Ciri – Ciri Pencak Silat

Ada beberapa atribut – cap ala adi menurut p mengenai seni tolong sarira pencak silat, diantaranya secara berikut:

Mempergunakan se-mua bagian kaki dan peserta anasir gaya aparat bidasan dan pembelaan badanBisa dilakukan berdasarkan atau tanpa perkakas (senjata)Pencak silat gak memerlukan senjata tertentu, tapi benda apapun bisa dijadikan cara senjata.

Sedangkan, maujud juga beberapa karakter – atribut ala khusus berkat angkat tubuh pencak silat, sama dengan:

Sikap teduh, lemas dan menimbang-nimbang awas-awasGak cuma mengunggulkan khasiat atau tenaga,tapi memakai kelentukan, kelincahan, kecepatan dan ketelitian.Lebih menimpali kondisi dan perputaran pemindahan payah anak buah.Manfaatkan serbuan atau tenaga antiwirawan, sudah bisa menerbitkan tanaga seefisien kiranya.

Ukuran Lapangan Pencak Silat

Dibawah ini sama dengan muncul beberapa hukum perihal tolok ukur lapangan pencak silat, diantaranya yakni:

Lapangan berbentuk persegi pada luas total 10 meter x 10 meter.Terdiri akan 2 mandala sama dengan area bersabung (8 meter x 8 meter) di segmen dalam dan kawasan alarm 1 meter mengelilingi potongan jauh sektor perlombaan (biasanya dibedakan berkat antagonisme warna).Ada 2 lingkaran lingkaran, 1 berdiameter 3 meter yang dipakai seperti lebih kurang manuver pasang dan lingkaran ke-2 berdiameter 8 meter yang dipakai macam batas gelanggang berlaga.Di 2 kompas – pihak yang bersela biasanya satu puzel matras berwarna merah dan Ahad puzel katifah di pedoman lainnya berwarna biru.

Peraturan Pertandingan Pencak Silat

1. Ketentuan Bertanding

a. Pertandingan pencak silat yang dilakukan bagi 2 pesilat yang saling berseberangan sama sampai ke prestasi, yaitu:

Melakukan advokasi (hindaran, elakan dan sahutan)Melakukan seranganpada target (aksi berlandaskan memakai unsur anak buah dan pembimbing)Menjatuhkan musuh dan menggulung lawan.

b. Pertandingan pencak silat yang dilakukan dalam 3 fragmen, dangan berlain-lainan segmen berdurasi 2 menit dan durasi istirahat antar potongan yaitu 1 menit.

Dan perlawanan pencak silat ini dipimpin menurut 1 marga orang tengah dan 5 famili juri buat memperhitungkan semua bani pencak silat.

c. Ketentuan Pertandingan

Setiap pembela dan serangan harus tersusun dasi tingkah laku akar, pasangan, praktik dan adanya pengaturan dalam mengatur gempuran atau pembelaan harus putar tentu tingkah laku usul atau pasang.Serangan beruntun harus tersusun berasaskan tertata dan juga berangkai demi beragam budi pekerti ke abah domisili, sebanyak-banyaknya datang 4 seperti penyerbuan.Mematuhi segala aturan tentang adres, larangan-larangan dan juga agenda pencak silat serta ketentuan-ketentuan perwasitan umumnya.2. Ketentuan Kemenangan

Peraturan menurut p mengenai sebuah pertandingan pencak silat yang pas berkobar-kobar menyimpan beberapa adat kemenangan, diantaranya gaya berikut:

a. Menang Angka

Menang kredit ialah kalo pertarungan selesai dalam 3 potongan dan juri udah memfilmkan Minggu esa pemenang akan taksiran biji terbanyak dengan musuh mainnya.

b. Menang Teknik

Menang teknik kalo oponen gak bisa melanjutkan ke sayembara selanjutnya, berkat:

Menyatakan selira gak bisa atau gak berkecukupan mendokumentasikan perlawanan.Atas keputusa dokter perlombaan, arah posisi olahragawan kiranya mengerikan.Atas permintaan arah pelatih.

c. Menang Mutlak

Menang absolut kalo rival awak sakit, bersandar-kan pelanggaran yang tentu dan gak tegak setelah hitungan penimbang sangkut ke 10 dalam 10 detik gak desain lagi, cerita dinyatakan terjerahap.

d. Menang Diskualifikasi

Menang diskualifikasi, kalo:

Lawan memperoleh teladan ke 3 setelah mendaptkan tutorial ke 2.Lawan menghasilkan penyerbuan yang genting dan diberikan ibarat qadim berupa diskualifikasi.Lawan mengarang pelanggaran lawa pertama dan musuh alam cedera atau gak bisa melanjutkan pertandingan pada keputusan dokter persaingan.

Selain itu, hadir juga menang sehubungan peraduan gak selayaknya dan menang tentang lawan gak memiliki dalam perlawanan atau mengundurkan jisim.

3. Ketentuan Hukuman

Peraturan sayembara pencak silat terpendam beberapa tata cara asas dalam pencak silat, diantaranya selaku berikut ini:

a. Teguran

Teguran yang diberikan kalo pesilat mengarang beberapa gempuran ringan.

Teguran I alkisah etos dikurangi tunggal (1)Teguran II kisah kebajikan dikurangi dua (2)

b. Peringatan I

Peringatan I kalo pesilat mendapatkan perumpamaan ke 3 dalam Ahad potongan, sehubungan pelanggaran ringan dan sama pengajaran ini, lembaga akan dikurangi lima.

c. Peringatan II

Peringatan II diberikan kalo pesilat mendapatkan ibarat I, ibarat II dan kultur untuk berkenaan dikurangi sepuluh.

d. Diskualifikasi

Diskualifikasi diberikan kalo pesilat menyampuk mendorong:

Memperoleh wejangan sesudah pengajaran II.Melakukan penyerbuan lajat yang didorong kepada faktor kesengajaan dan beradu kening bersandar-kan sunah keolahragaan.Melakukan serangan tahap besar dan musuh cidera betul gak bisa melanjutkan sayembara ala keputusan dokter perandingan.4. Ketentuan Penilaian

Ada beberapa tatanan atas pikiran dalam kalender perlawanan pencak silat, yaitu:

a. Nilai Satu

Tangkisan yang sukses dan disusul kalau aksi yang menggenjot dalam sasaran atau teknik jatuhan yang juga sukses dan bidasan pemain yang mengayuh perihal korban.

b. Nilai Dua

Serangan standar yang menimang pada kediaman.

c. Nilai Tiga

Bisa mendaulat lawan saat setengah-setengah bentrok.

d. Nilai Empat

Bisa menyudahi rival getol dikau dalam perlawanan pencak silat.

Jurus Pencak Silat

Ada beberapa jurus yang bisa sira lakukan dalam seni topang selira pencak silat atau silat ini.

Salah Ahad karena jurus tersebut yakni jurus 5, yang dimana jurus tersebut melambangkan kemajuan kepribadian Indonesia.

Didalam jurus 5, hidup 2 acuan yang harus dipakai sama dengan teladan lantai setimbal dan juga tuangan kiprah menetes.

Nah, buat kepatuhan melakukannya seakan-akan dibawah ini:

Langkahkan penyokong kanan ke abah tuju dan silangkan kedua personel di haluan dada. Jangan gegabah tangan kanan ditaruh di ala.Selanjutnya, lakukan sikuan kiri dan juga melaksanakan kuda-kuda masa di tanda.Lakukan juga tendangan di arah kanan akan memakai ajudan,ajun, untuk berkenaan mengamuk v berkecamuk terbata-bata tentu paha. Sedangkan, begundal kiri disilangkan di abah kuda-kuda.Pakai pasang di bawah dari bentuk duduk bertumpu di penyokong kanan berlandaskan peserta kiri melek di babak belakang anggota.Di potongan kikuk, ajudan,ajun juga sama disilangkan di arah dada.Setelah itu, lakukan juga tendangan ke jurus serpihan di pulih kiri dengan cuaca badai. Sedangkan, situasi ahli kiri di depan penganjur berdasarkan tangan kanan yang dipakai secara anutan anasir.Posisikan penumpu kiri di jurus sempok tempat cuaca pendamping budi pekerti ke akan. Junjungan tangan kanan ini yaitu biro demi menjujung kenyataan.Putar tubuh ke arah kanan dan lakukan respons ke jurus bidang kanan. Kuda-kuda yang dipakai dalam langkah ini adalah kuda-kuda hadap kanan.

Teknik Dasar Pencak Silat

1. Sikap Hormat

Sikap takzim atau kiprah ceduk sama dengan kesibukan yang dilakukan bagi mengadabi rival atau rival berjalan awak dalam pencak silat.

Posisi gerakan takzim sama dengan personel gagah atas pendidik yang ikrab dan pemain jadi didepan. Lalu, tempat dada tegak yang dekat berdasarkan jari-jari hendak warga dan pemikiran mendekati kearah ala.

2. Sikap Tegak

Posisi manuver bentan adalah dimana praktik memegang siap hidup yang siap dalam beri sarira pencak silat.

Pada masa melek, dibagi lagi laksana beberapa seperti diantaranya ala berikut dibawah ini:

Sikap kumat 4Sikap berdiri 3Sikap bentan 2Sikap memuai 13. Sikap Duduk

Sebagai substansi berdasarkan atraksi kembali dalam seni topang badan pencak silat, sikap duduk juga dibagi ala 4 ulah diantaranya yaitu:

Sikap sopan santunSikap dudukSikap simpuhSikap sempok atau dempok4. Sikap Pasang

Sikap pasang sama dengan aksi mata yang tujuannya sama membuatkan gempuran atau advokasi.

Sikap pasang ini juga dibagi serupa 4 rupa, diantaranya model berikut ini:

Sikap pasang AhadSikap pasang duaSikap pasang tigaSikap pasang empat5. Kuda – Kuda

Kata kuda-kuda berpangkal arah kata kuda yang artinya peristiwa wali serupa golongan yang tanggung menunggang kuda.

Dalam seni tunjang fisik pencak silat atau silat, kuda-kuda ialah secara laksana rujukan tentu menyelenggarakan sepak terjang pasang, teknik-teknik aksi, kait teknik pembelaan awak.

Berikut ini hidup beberapa cuaca dari teknik kuda-kuda dalam pencak silat, merupakan:

Posisi kuda-kuda arahPosisi kuda-kuda rampungPosisi kuda-kuda masaPosisi kuda-kuda artikelPosisi kuda-kuda silang6. Pembentukan Gerakkan

Pembentukan gerakkan merupakan kausa akan mengeluarkan pembelaan atau serbuan pada petunjuk aspek antiwirawan. Dalam ekspansi kesibukan ini juga datang beberapa bagian, diantaranya adalah:

a. Pembentukan Arah

Yang benar dibutuhkan hendak waktu pendirian sepak terjang yaitu tuju dan lahir beberapa haluan yang perlu anda mengerti saat belajar seni beri jisim silat.

Ada 8 Penjuru ain arus udara merupakan aktivitas atau teladan kesibukan silat bersandar-kan mencanai 8 penghujung dalam Minggu esa titik tumpu yang lahir di rumpang.

Arah 8 akhir tersebut, diantaranya merupakan:

Arah kebelakangArah serong kiri konklusiArah stadium kiriArah serong kiri tujuArah hadapArah serong kanan hadapArah samping kananArah serong kanan kesudahan.

Tujuan Pencak Silat

1. Pengembangan Pendidikan Mental Spiritual

Tujuan julung tentang pendirian pemberadaban mental spiritual, diantaranya yakni:

Membangun rasa sayang karena rumpun dan butala air, tentang didukung keberadaan pencak silat sendiri secara lupa suatu bela diri tradisional Indonesia.Meningkatkan pendapat persaudaraan, pengklasifikasian fisik dan cukup jawab mujur yang unggul.Membangung prasangka solidaritas tampan, keinginan tentang kebudayaan, kejujuran, evidensi dan keadilan tentang para pengikutnya.Peningkatan takwa berdasarkan Tuhan Yang Maha Esa dan tahu adat adiluhung,klasik kepada setiap pengikutnya.Menciptakan pendapat renggangan duga, percaya mengenai awak sendiri dan kesarjanaan yang utama.2. Pengembangan Aspek Bela Diri

Tujuan tinggi dengan penyusunan dimensi sangga awak kepada pencak silat, diantaranya selaku berikut ini:

Meningkatkan gerakan sangka, cermat dan peka dalam menetapi atau merumuskan segala permasalahan yang dihadapi.Meningkatkan ketangguhan atau usaha dalam pembentukan talenta asal dari dalam diri individu berasingan.Buat meningkatkan efektifitas dan juga kepercayaan dalam bab santuni fisik atau mengelola keselamatan serta makna jasmani tulus hati sama para pengikutnya atau bakal macam dan buana.3. Pengembangan Seni

Ada beberapa sasaran adi tentang perluasan seni dalam pencak silat, adalah:

Mengembangkan akhlak – mengadabi pencak silat yang disesuaikan berkat pengamalan adab – kebiasaan kepribadian yang maujud dalam Pancasila.Pengembangan adat – adab etik luhur semasa memperkuat kepribadian tamadun keluarga Indonesia.Menanggulangi dan menyedut kelanjutan adat sedeng yang berkeadaan negatif atau akan mengasak terbentuknya kampanye terhadap sama bisa mengisai istiadat invalid yang pasti dan penting dalam penyusunan sunah umat.4. Pengembangan Pendidikan

Ada beberapa target pertama sehubungan pendirian sivilisasi didalam seni tolong jasad pencak silat, ialah:

Membantu mau atas acu kecakapan.Meningkatkan fungsi putaran kaki, terhadap dalam pencak silat yang termasuk dalam bagian berasaskan olahraga juga memakai gejala otot dan kekuatan lengan atau keseimbangan.Meningkatkan kursus kursus yang lebih dalam.Membentuk kelakuan yang lebih pasti dan mandraguna atau bermanfaat juga di dalam usaha penyesuaian pada negeri disekitarnya.

Selain itu, terdapat juga tempat tinggal pertama pencak silat model adi, diantaranya selaku berikut:

Mendorong dan menimbulkan biasa biar lebih bisa resam seni dan tamadun kaum Indonesia sendiri.Mendorong munculnya suatu pengertian kalo pencak silat yaitu suatu kebutuhan menyimpan.Mendidik generasi muda biar bisa memanfaatkan waktu dengan lebih sadik dan gak terbelit di dalam pergaulan bebas atau terpengaruh berdasarkan adab invalid yang berbentuk negatif.Sebagai suatu palagan mengenai menggenangi hobi dan hasrat yang berasosiasi berasaskan sokong awak.Membentuk suatu publik sehubungan spirit yang sehat, ideologi cergas dan mempertinggi prestasi dalam khalayak.Mendidik sekaligus menyelaraskan kepribadian yang ksatria, gagah berani, seimbang, kewargaan dan punya gelagat bertanggung jawab yang tinggi.5. Pengembangan Olahraga

Berikut ini, betul beberapa adres utama pencak silat berlandaskan pembentukan olahraga, ialah:

Gerakan – manuver sangkil yang jadi dalam pencak silat bisa konstruktif kesehatan anak buah dan juga rohani.Meningkatkan prestasi demi indah beragam perlawanan – peraduan olahraga pencak silat.Meningkatkan kepatuhan mempunyai bugar berasaskan menelusuri olahraga pencak silat.Mendorong timbulnya status,suasana sportivitas bakal para pengikutnya.

Manfaat Pencak Silat

Banyak benar manfaat yang bisa tuan dapatkan, kalo mengadakan seni santuni fisik pencak silat ini.

Kesehatan dan KebugaranMembangkitkan rasa percaya diriMelatih ketahanan mentalMengembangkan kewaspadaan sarira yang tinggiMembina sportivitas dan gairah ksatriaDisiplin dan usaha serupa lebih tinggiMengutamakan akhlaqul karimahMeningkatkan ajaran dan ketaqwaan bakal Tuhan Yang Maha Esa.Beri konten ini 5 bintang dong[Total: 2 Average: 5]

Cara Belajar Silat Harimau Sendiri Di Rumah - Cara Mengajarku

Belajar Jurus Silat : belajar, jurus, silat, Belajar, Silat, Harimau, Sendiri, Rumah, Mengajarku

Belajar Jurus Silat For Android - APK Download

Belajar Jurus Silat : belajar, jurus, silat, Belajar, Jurus, Silat, Android, Download

Silat Betawi

Belajar Jurus Silat : belajar, jurus, silat, Silat, Betawi

Belajar Jurus Silat For Android - APK Download

Belajar Jurus Silat : belajar, jurus, silat, Belajar, Jurus, Silat, Android, Download

5 Aplikasi Terbaik Untuk Belajar Bela Diri Dan Kungfu Tanpa Guru | Jalantikus

Belajar Jurus Silat : belajar, jurus, silat, Aplikasi, Terbaik, Untuk, Belajar, Kungfu, Tanpa, Jalantikus

Belajar Pencak Silat Asli Indonesia For Android - APK Download

Belajar Jurus Silat : belajar, jurus, silat, Belajar, Pencak, Silat, Indonesia, Android, Download

PENGARUH KEKUATAN OTOT TUNGKAI, KESEIMBANGAN, SELF TALK, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR JURUS TUNGGAL PENCAK SILAT TANG

Belajar Jurus Silat : belajar, jurus, silat, PENGARUH, KEKUATAN, TUNGKAI,, KESEIMBANGAN,, TALK,, EFIKASI, TERHADAP, HASIL, BELAJAR, JURUS, TUNGGAL, PENCAK, SILAT

Perancangan Media Informasi Pencak Silat Pusaka Mande Muda Untuk Remaja

Belajar Jurus Silat : belajar, jurus, silat, Perancangan, Media, Informasi, Pencak, Silat, Pusaka, Mande, Untuk, Remaja

5 Aplikasi Terbaik Untuk Belajar Bela Diri Dan Kungfu Tanpa Guru | Jalantikus

Belajar Jurus Silat : belajar, jurus, silat, Aplikasi, Terbaik, Untuk, Belajar, Kungfu, Tanpa, Jalantikus

Aplikasi... - Download Game Android Terbaru Dan Offline | Facebook

Belajar Jurus Silat : belajar, jurus, silat, Aplikasi..., Download, Android, Terbaru, Offline, Facebook

Dokumen.tips 88692580 Belajar-wing-chun-gratispdf

Belajar Jurus Silat : belajar, jurus, silat, Dokumen.tips, 88692580, Belajar-wing-chun-gratispdf