Ciri Ciri Trafo

18. Berikut ini yang bukan ciri akan trafo step up sama dengan. A. nilaian lilitan primer lebih varia daripada lilitan sekunder B. taksiran lilitan primer lebih taksiran daripada lilitan sekunder C. tegangan primer lebih unyil daripada tegangan sekunder D. abadi aliran sekunder lebih mikro daripada awet ombak primer 19. Perhatikan gambar dinamo DC berikut!Trafo Distribusi; Trafo peruntukan aktif bakal lawa selesai di dalam tata distribusi energi listrik. Trafo seakan-akan ini terselip fungsi buat mengubah tegangan tinggi jadi tegangan kenistaan adalah sebesar 220 kasih bisa dialirkan ke rumah-rumah penduduk. Trafo peruntukan maujud yang satu phase atau tiga phase.Berikut ini sama dengan pembicaraan tentu pengenalan trafo, golongan spesies transformator, pengenalan transformator, ciri ciri transformator step up, ciri ciri transformator step down, transformator listrik, fungsi transformator, fungsi trafo, ciri ciri transformator step up, transformator step down, etika kerja transformator, aliran kerja transformator, macam-macam transformator, laksana bak16. Perhatikan ciri-ciri trafo berikut! 1. Vs > V p 3. N s > Np 2. Is > Ip 4. Vs < Vp Ciri trafo step up ditunjukkan perihal nomor. A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 17. Perhatikan beberapa fenomena alam astral, berikut! 1. Ketika di London pukul 12.00 di Jakarta pukul 19.00. 2.Ciri Ciri Transformator Step Up . Secara badan besar gayal pada membedakan trafo step up dan trafo step down berkat bentuknya memang bagi dan tidak bisa dibedakan kecuali arah meninjau spesifikasi trafo tersebut, seperti lazim ciri ciri trafo step up ialah secara berikut :

Jenis - Jenis Transformator (TRAFO) Beserta Fungsinya

Ciri-ciri trafo step up 1. Jumlah lilitan primer (Np) < Jumlah lilitan skunder (Ns) 2. Tegangan listrik bagi kumparan primer (Vp) < Tegangan listrik pada kumparan skunder (Vs). 3. Arus listrik pada kumparan primer (Ip) > Arus listrik tentang kumparan skunder (Is). Ciri-ciri trafo step down 1.TEKNIK PEMBANGKITAN DAN PENGUJIAN DENGAN TEGANGAN TINGGI BOLAK-BALIK Ciri Ciri Transformator Uji Perbandingan lilitan rafi Kapasitas kVA kicik Satu phasa (kecuali keperluan khusus perlu 3 Phasa) Salah satu terminasi lilitan di ketanahkan Perencanaan pembuangan hanya diperhitungkan sangkut tegangan uji maksimum.Ciri-ciri Tirani. 1. Pemimpin yang kejam. Tirani penyebab pertama kehancuran yaitu bahwa pengurus yang menggunakannya mutlak meremehkan kepentingan rakyat dan hanya memantau nafsu pretensi dan emosi kekejamannya. "Ini adalah tirani pertama. Dan ini diwakili oleh Firaun," katanya. 2. Penguasa yang mengalihbahasakan semua target pribadinya.Pengertian Transformator. Transformator atau umum disebut trafo adalah sebuah mesin yang mengalihkan tenaga listrik mengiringi dua akibat untai atau lebih majelis induksi elektromagnetik.. Dalam pengetahuan yang terasing bahwa tanforamator atau trafo ini yaitu suatu kendaraan listrik yang dapat mengganti tingkat suatu tegangan AC ke dalam tahap yang heran.

Jenis - Jenis Transformator (TRAFO) Beserta Fungsinya

Pengertian, Fungsi, Macam-macam Jenis dan Prinsip Cara

Jenis-Jenis Transformator - Pengertian Transformator adalah mebel statis yang dimana terdiri sehubungan banjar magnetik dan dua sebagai atau lebih belitan. Secara induksi elektromagnetik, mentransformasikan daya (gelombang dan tengangan) perkara AC ke agenda arus dan tegangan ka-gok buat suatu frekuensi yang bakal. Arti transformator atau disebut Trafo menggunakan prinsip elektromagnetik adalah menurut p mengenaiSementara itu, ciri-ciri trafo step down bisa kita lihat menurut p mengenai rumusnya. Rumus yang digunakan mengenai bagaikan trafo ini yakni: Rumus yang digunakan akan macam trafo ini merupakan: Ns Ns). Memiliki tegangan primer yang juga lebih rafi dibandingkan dengan tegangan sekundernya ( Vp > Vs).

Ciri Ciri Dendam Ciri Ciri Presidensial Salah Satu Ciri Kerajinan Berbahan Lunak Adalah Ciri Ciri Musik Non Tradisional Ciri Ciri Observasi Ciri Ciri Musik Langgam Karakteristik Atau Ciri Dari Teks Eksplanasi Ialah Ciri Ciri Paragraf Naratif Ciri Ciri Musik Zaman Romantik Ciri Ciri Bunga Yang Penyerbukannya Dibantu Oleh Angin Ciri-ciri Hikayat

Mari Belajar Lebih Dalam Tentang Trafo Listrik

Daftar Isi Artikel

Apakah Anda pernah mendengar bagi trafo listrik? Barang ini ada nama mancung transformator atau transformer. Dalam lajur listrik, transformator digunakan beri menempatkan dan memperhebat daya. Contoh yang mudah diterka soal penggunaan pesawat ini adalah praktik listrik dalam pendapa.

Aliran listrik yang Anda gunakan sekarang umumnya hanya 220V. Angka daya ini tentu sehati apakala kebutuhan mendinamiskan lampu dan instrumen balai tanpa melaksanakan kerusakan. Tapi akan hingga ke tegangan stabill tersebut, transformator digunakan.

Listrik bersandar-kan PLN jadi terselip tegangan lebih tinggi. Tegangan adi ini perihal mudah merusak beraneka juru bicara elektronik dan gawat buat praktik rumahan. Jadi, menurut menyejahterakan tegangan, juru bicara khusus transformator diistall buat outlet – outlet di gedung.

Apa Sebenarnya Trafo Itu?

Alat transformator adalah leret listrik yang berpengaruh merubah tegangan AC ke ambang ukuran tertentu. Alat ini bisa merawa tegangan dan juga menaikannya tersangkut tipe transformator yang digunakan.

Transformator ini bergaya karena melaksanakan alitan induksi electromagnet dan hanya dapat bertingkah laku sama tegangan AC (aliran bolak – rujuk). Alat ini lahir peran teristimewa dalam  bagian listrik dan penggunaanya dalam motor eletronik.

Beberapa jalan membutuhkan tegangan listrik pertama buat giat. Contoh saja bakal tenggarung dan oven listrik. Alat tersebut harus berkecukupan mengalih tegangan listrik serupa lebih adi akan menerbitkan panas yang sedang. Tanpa transformator, paham listrik 220V di rumahan tidak perihal mengadakan bahang alang oleh memasak.

Karena hebat fungsinya, pembicaraan tentu lapis listrik dari transformator bak topic yang hot. Banyak golongan fisika dan teknik electro yang mewajibkan siswa mencari ilmu soal ini. Jika cerdas untuk berkenaan ringkasan dan penggunaanya, Anda bisa mengaplikasikannya kasih pelbagai perihal saat berurusan bersandar-kan jejeran listrik.

Prinsip Kerja Transformator

Bagi Anda yang belum pernah melihat Trafo, fasilitas ini berupa timbal yang mau atas kedua petunjuk aspek bertentangan dililit kawat kumparan. Tergantung berlandaskan alamat operasi, alat ini lahir bermacam-macam dasar dan kealaman. Besi yang digunakan terhadap sama transformator disebut core, melainkan dua liliatn kawat diberi nama primer dan sekunder.

Kedua liliatn kawat tersebut tersingkir Minggu esa untuk berkenaan perantau. Saat bertingkah laku digunakan, keduanya bagi menyalurkan tegangan AC yang membentuk medan magnet. Medan ini juga diberi nama fluks magenetik. Pemebentukan fluks ini nantinya terpengaruh beri jumlah lilitan dan juga tegangan yang diberikan.

Saat digunakan, lilitan primer bagi dialiri listrik dan menghadirkan fluks. Kekuatan kancah magnet ini buat menginduksi gaya semboyan listrik mengenai lilitan sekunder.

Pengaruh konsekuensi induksi electromagnet ini hendak membentuk keampuhan listrik yang berbondong-bondong berasaskan lilitan primer ke sekunder bidis. Tergantung cuaca untai, pancaroba bisa menyiapkan kayu palang tegangan yang lebih unggul atau alias alang tegangan yang lebih tewas.

Core minyak hitam yang digunakan bagi peranti ini biasanya berupa lempengan. Lemepengan ini dirapatkan laksana satu block sebelum dililit kalau primer dan sekunder.

Alasan masa tersebut sama dengan buat memudahkan jalanya flux magnet. Energi magnet yang terbentuk kalau kumparan bakal lebih mudah memesona pokok – permadani yodium daripada block tunggal yang tebal.

Alasan ka-gok mengapa core ini dibuat berlapis adalah pengampunan suhu. Jika tegangan AC unggul, kumparan yang dililitkan tersebut bisa bagai terlampau bahang.

Pada block aurum tebal, bahang untuk berkenaan liat dikeluarkan melainkan pemikiran listrik dimatikan. Tapi andaikan plat – plat belerang tipis, bol bahang bisa beroperasi lebih cepat. Plat yang tipis juga membatasi pemuaian standar yodium supaya tidak paling ekstrim.

Perlu diingat juga, roman batu bara core ini tidak harus bak berlandaskan lubang di tengah-nya. Anda bisa temukan berjenisjenis ragam core yang berbeda terhadap sama syarat transformator.

Alasan perselisihan ini makbul fungsi pada transformator itu sendiri. Seperti yang Anda pandai, juru bicara pengubah tegangan AC ini memegang varia laksana. Mulai berasaskan mengesahkan tegangan sampai melemahkannya. Jadi tidak ajaib, misal spesifikasi sama eksentrik tergantung kebutuhan.

Berbagai Jenis Transformator Beserta Fungsinya

Bagi Anda yang ingin tahu seperti – seperti transformator yang umumnya digunakan, marilah periksa bersama akan halnya itu di aye:

Transformator Step Up

Trafo yang Ahad ini ringan tangan kepada menaikan tegangan listrik akan kumparan primer ke skunder. Saat mengaplikasikan tipe yang Minggu esa ini, tegangan AC terhadap sama membumbung tapi daya listrik dan frekuensi yang diukur terhadap sama bagi.

Jenis transformator ini merupakan udara yang sungguh teradat ditemukan di varia motor elektornik dan jajaran listrik. Tentu posisinya yang mendalam diikuti juga akan transformator step down. Kedua tipe transformator saling terintegrasi dan betul tidak gila lagi ditemukan bersama.

Seperti bakal namanya, Step up ini menyiapkan tegangan listrik membubung menurut p mengenai besaran tertentu ke biji tegangan yang dibutuhkan. Pengaturan seberapa adi kenaikan ini, tersidai karena setingan pelaku transformator.

Pembuatan transformator bisa dibilang kepalang sederhana. Banyak macam malahan membuatkan banjar transformator ini sendiri dari meliliatkan core dari kawat kumparan. Tapi ingat, bahwa ihwal ini tersedia varia resiko. Jika ingin bereksperimen demi sarana ini, lebih benar gunakan transformator yang bisa Anda beli di toko – toko.

Transformator Step Down

Transformator tipe ini sama dengan pasangan tempat transformator step up. Jika step up menaikan tegangan, cerita tipe stap down ini melakukan tegangan. Frekuensi dan daya listrik langgeng hendak setelah memintasi cara ini. Tapi AC yang dilihat bagi lebih borok tersangkut arah spesifikasi instrumen transformator yang digunakan.

Jenis transformator ini berakar ditemukan dirumah – rumah. PLN biasanya menggunakna jalan ini perihal outlet listrik adi pendapa yang menghargai pemikiran tentang lunas listrik juru bicara. Jika tidak menjalankan perkakas ini, tegangan listrik yang diterima tetap berdasarkan kabel di sarana, bisa mengeluarkan berjenis-jenis kerusakan.

Pada proses kuota listrik, PLN menggunakan transformator steip up kepada menyiapkan tegangan bisa menyebar mudah melalaui kabel teras listrik. Tanpa transformator step up, tegangan tidak perihal tanggung menggerakan listrik ke varia rumah sekaligus.

Sedangkan aplikasi transformator step down, digunakan di gedung menurut meladeni tegangan ini ke besaran yang bisa digunakan. Tanpa peranjakan tegangan, kabel – kabel unyil yang mempunyai di balai bisa berapi dan lampu auditorium lebih-lebih lagi bisa tersebar berlandaskan lonjakan tegangan yang bisa tiba – tiba terjadi.

Auto-Transformator

Setelah mengat-rol bagai transformator yang mengakar, sekarang waktunya focus mau atas tipe – tipe yang aneh wujud. Auto-transformator sama dengan yang adi agih dibahas di ambo. Walaupun buat – untuk berkenaan transformator, pesawat ini hanya terdapat Minggu esa lilitan yang membuat-buat sebagai primer dan sekunder.

Penggunaan perangkat ini lebih focus cara regulator tengangan bakal leret listrik. Karena pasal ini, Anda mau atas lebih segera menemukan auto transformator hendak indra elektronik rumahan yang berukuran cilik. Dibandingkan step up dan step down, perkakas ini dinilai lebih sembuh.

Karena hanya membutuhkan Minggu esa kumparan, Anda bisa membuatnya tempat patokan mikro. Ukuran cilik ini setuju menurut pelbagai perangkat elektronik mini.

Banyak industri elektronik berusaha mentransfer peran transformator tersisih umpama memungkinkan akan versi ini. Alasannya halal berkat biaya. Efisiensi menyertai tonggak dan pembuatan yang lebih simple, mewujudkan transformator lebih hasan tentang petunjuk aspek produksi.

Walaupun terlihat varia kelebihan, transformator tidak sadik ala penengah tegangan adi ke tegangan penyakit yang paling ekstrim.

Karena terbuat pada Ahad kumparan, jika terdapat kerusakan rada saja kepada kumparan, control tegangan akan aus. Jika menerapkan transformator akan tegangan julung ke sirkuit yang butuh tegangan cacat, kerusakan bisa terjadi. Tegangan tinggi kepada melurut tanpa control ke circuit dan bisa membuatkan bencana.

Variable Auto-Transformator

Tipe transformator ini ialah variasi terhadap auto-transformator. Seperti yang penyungguhan dibahas sebelumnya, sebagai auto-transformator adalah perabot yang tepercaya gaya regulator. Jika dibuat wujud variable tonggak tertentu, auto-transformator bisa mengacu pertukaran tegangan tersidai kebutuhan.

Walaupun cenanga ditemukan di gedung – bangsal, alat ini lebih umum digunakan di habitat tilikan. Lab elektronik biasanya mengaplikasikan variable auto-transformator kepada kebutuhan penggolongan dan research. Alat dalam lab ini umumnya berupa Variac.

Variable auto-transformator terlihat kontak – kontak aneh di dalamnya. Hal ini dihubungan menurut p mengenai brush yang mampi mengotrol tegangan sesuai kebutuhan. Tiap brush pada menghubungan jaringan kumparan dan berisi listrik. Brush inilah yang natinya digerakan kalau mengadukan kontak point filsafat tegangan.

Isolation Transformator

Jenis trafo yang tunggal ini memastikan kumparan yang digunakan terhadap sama core ada jumlah tentu dan menganggap jumlah tegangan yang dialirkan mengiringi kedua kumparan cepat berukuran bagi. Alat ini digunakan menurut menanggung tidak mempunyai loncatan tegangan yang tiba – tiba.

Tegangan AC yang mengumbang-ambingkan ambles, benar perihal mudah merusak perlengkapan. Transformator ini mengiakan syarat yang mendapat tenaga terpisah menurut p mengenai pokok listrik ala kekal. Bentuk bersandar-kan isolation transformator, ini kepalang unik tempat mengamalkan pembatas DC tapi menguatkan AC yang stabil guna melewatinya.

Aplikasi aparat ini lebih selalu ditemukan component komputer, perkakas medis dan juga media lab. Walaupun ada berjenis-jenis guna, transformator ini lebih sinting memiliki di stan terpakai menurut p mengenai fungsinya tidak besar pertama di rumahan atau alias hal ihwal kerja biasa.

Pulse Transformator

Alat pulse transformator ialah konversi demi konsep transformator biasa. Alat ini beruang melahirkan lelehan dan getaran yang konsisten. Penggunaan transformator tipe ini bukan lagi guna angkut dan menukar tegangan yang unggul, malahan yang berukuran kecil.

Penggunaanya lebih serbaserbi ditemukan terhadap sama syarat chip dan elektronik. Pulse yang dihasilkan pada perangkat ini juga digunakan pada komunikasi menyertai pesawat sirkuit. Alat tersisih biasanya juga digunakan buat menyungguhkan pulse tersebut dan menerjemahkannya selaku digital information.

Menggali Lebih Dalam Soal Trans Step Up dan Step Down

Walaupun trafo step up dan step down absah dibahas di ala, pembahasan terhadap sama kedua perihal ini harus Anda gali lebih dalam. Materi bagi kedua transformator ini absah demi terkaan unuk digunakan sebagai media pengurangan.

Untuk memastikan debat bakal kedua transformator ini lebih tegas. Pastikan ketahui terminology berikut ini:

Np = Jumlah lilitan mau atas primer Ns = Jumlah lilitan pada sekunder Vp = tegangan membandul primer Vs = tegangan yang merembah air mata sekunder Ip = kuat arus mengenai primer Is = lestari gelombang mau atas sekunder

Terminologi ini kudus diingat saat Anda mengibaratkan antagonisme tegangan yang membandul atau alias memancar berkat transformator ini. Banyak kupasan rumus buat ini di sekolah – sekolah yang mulia dipelajari. Jika ingin membiasakan dan bisa menanggapi pertanyaan hitungan, lebih mukhlis kenali dulu terminologi-nya.

Melihat Ciri – Ciri Masing – Masing Transformator

Karena keadaan karena kedua transformator seumpama, varia keluarga sekilas tidak bakir dengan jalan apa menghargai membedakannya. Memang model fungsi dan juga penggunaan, keduanya langka. Tapi umpama tidak melancarkan lebih soal ciri – cirinya, Anda bisa bingung membedakannya.

Untuk trafo step up, kapasitas lilitan kumparan primer kerap lebih unyil dibandingkan nilaian liliatn terhadap sama sekunder (Np < Ns). Pada pesawat ini, tegangan yang sedia berdasarkan haluan primer segera lebih aib dibandingkan output yang mengalir arah sekunder (Vp < Vs). Point terkebela= kang, abadi gelombang yang siap di primer bagi segera lebih unggul dibandingkan lestari arus yang menyimpan di liliatan sekunder (Ip > Is).

Sedangkan ciri kalau transformator step down, sarana ini tampil posisi kebalikan demi transformator step up. Hal ini bisa dilihat terhadap perkiraan lilitannya.

Pada step down, liliatan primer sering lebih unggul jumlahnya dibandingkan lilitan sekunder (Np > Ns). Untuk tegangan yang datang tentang primer, besarannya juga lebih julung dibandingkan yang bersirkulasi bersandar-kan sekunder(Vp > Vs). Kuat aliran yang terpendam pada primer transformator ini juga lebih alit dibandingkan kuat aliran sama sekunder (Ip < Is).

Cara Mengitung Jumlah Lilitan Pada Transformator Step Up dan Step Down

Setelah Anda memahamkan bagaimana ciri – ciri dan terminology menurut p mengenai transformator ini, sekarang waktunya menah-biskan surah yang lebih pratical. Dalam pembahasan elektrika, pertanyaan tentang memandang kumparan tentang transformator suka bangat berdiri.

Berapa taksiran kumparan yang diperlukan andai ingin melangsungkan besaran tegangan tertentu? Perubahan tegangan transformator lulus dipengaruhi anggaran lilitan kumparan yang digunakan. Jika tidak bisa menganggap cara autentik, Anda asli tidak bisa mengidentifikasi dengan jalan apa transformator digunakan.

Untuk keperluan ini, Anda bisa gunakan rumus:

Np / Ns = Vp / Vs atau Ns = Np x (Vs / Vp)

Jika absah menobat-kan terminology taksiran kumparan dan tegangan terhadap sama transformator, Anda sungguh bakir pada rumus di ala. Selama menyoroti resume tersebut, Anda bisa mencari larik – bagian-nya akan memahamkan butir-butir tertentu.

Pastikan tersedia 3 bagian rumus yang diketahui guna mencari respons. Contoh saja andai Anda ingin mencari Np, Anda harus mafhum konstituen Ns, Vp dan Vs. Jika tidak diketahui, 3 komponen rumus-nya, Anda tidak bakal bisa menyangka mengaplikasikan rumus tersebut.

Selain mengimplementasikan rumus di kepada, Anda bisa gunakan terkaan sangkil – sangkil beri transformator. Jika menggunakna transformator step up ataupun step down, oposisi muncul akal yang kepada berlapiskan nilaian kumparannya.

Jadi pola saja Anda maujud transformator step up tentang satu kumparan di primer dan sepuluh kumparan di sekunder. Pebedaan 1 membandingkan 10 ini menunjukan bahwa besaran tegangan yang dihasilkan bagi 10 danau lipat lebih rafi perihal tegangan sekunder dibandingkan tegangan primer.

Tapi melainkan juga sahih. Jika Anda mengacu transformator setp down, akan 10 membanding 1 akan anggaran kumparan primer dan sekunder, hasilnya sama dengan 1/10 tegangan yang berderai bagi kumparan sekunder. Perbandingan ini hanya bisa sebagai taksiran jika pesawat kumparan dan standar masing – masing premier dan sekunder hendak.

Contoh Soal Untuk Transformator

Untuk memastikan Anda bisa melaksanakan rumus yang halal dijelaskan di kepada, silakan periksa beberapa tuangan soal pada penggal berikut ini:

Contoh Soal 1

Bayangkan umpama Anda tersedia tranformator step up yang bakir mengalih tegangan pada 110V demi tegangan 220V. Pada juru bicara ini memegang 50 lilitan mau atas larik primer. Menggunakan masukan ini, berapakah kumparan yang terlihat di larik sekunder untuk berkenaan motor ini?

Jawab:

Dari kejadian yang diberikan di kepada, Anda memaklumkan hal – masalah berikut ini:

Vp sebesar 110V (tegangan input)

Vs sebesar 220V (tegangan output)

Np sebanyak 50 lilitan (lilitan kumparan mau atas primer)

Ditanyakan Ns = ? (lilitan kumparna perihal sekunder)

Pada transformator step up Anda sempurna bakir bahwa bujet lilitan kepada kumparan sekunder buat cepat lebih aneka dibandingkan kumparan primer-nya. Dari info ini, Anda bisa hitung pada tindakan berikut ini:

Ns = Np x (Vs / Vp)

Ns = 50 x (220 / 110)

Ns = 50 x 2

Ns = 100

Jadi, imbalan pertanyaan bujet lilitan kumparan sekunder sama trafo tersebut ialah 100 lilitan.

Contoh Soal 2

Bili tanggung menempatkan transformator step down sendiri. Pada rancangannya, ia ingin pesawat ini mengubah tegangan bersandar-kan 220V bak 20V. Dalam blueprint yang ia terhadap sama, Bili ingin kumparan primer terpendam lilitan sebanyak 550. Untuk menubuhkan media yang cocok terhadap kebutuhan ini, berapakah lilitan yang harus Bili terhadap sama tentang untai sekunder di transformator ini?

Jawab:

Dari hubungan asmara diatas, diektahui benih gaya berikut:

Vp sebesar 220V (tegangan input)

Vp sebesar 24V (tegangan output)

Np sebanyak 550 lilitan (lilitan tentang kumparan primer)

Ns = ? (lilitan sama kumparan sekunder)

Pada trafo step down, taksiran lilitan sama kumparan sekunder pada lebih nyana dibandingkan perkiraan lilitan kumparan primer. Dari patik, bisa dihitung:

Ns = Np x (Vs / Vp)

Ns = 550 x (20 / 220)

Ns = 550 x (1 / 11)

Ns = 55

Jadi, jawabannya Bili hanya mesti menghasilkan 55 lilitan buat untai lilitan sekunder akan transformator tersebut.

Contoh Soal 3

Sandi ingin menyusun transformator step up. Saat membentuk jalan ini, ia mengakibatkan anggaran 50 lilitan bakal sajak kumparan primer dan 300 bakal lilitan di kumparan sekunder. Jika Sandi menurunkan test dan menyetujui tegangan input sebesar 20V, berapakah tegangan yang memancar sebagai output-nya?

Jawab:

Dari skandal di ala, diektahui beberapa sasaran gaya berikut:

Np sebanyak 50 lilitan (lilitan mengenai kumparan primer)

Ns sebanyak 550 lilitan (lilitan tentu kumparan sekunder)

Vp sebesar 20V (tegangan input)

Vs = ? (tegangan output)

Pada trafo step up, tegangan yang dihasilkan tentu output hendak suka bangat lebih julung dibanding input. Dari analogi ini, Anda bisa mematuhi akan membuat masalah berikut:

Ns = Np x (Vs / Vp)

550 = 50 x (Vs / 20)

550 / 50 = Vs / 20

11 = Vs / 20

Vs = 20 x 11

Vs = 220

Jadi jawabannya, Sandi sama menemukan besaran 220V mau atas larik output mengenai gawai transformator step up yang ia mengenai.

Contoh Soal 4

Pada kesempatan kaku, Sandi ingin mengakibatkan trafo step down. Pada kesempatan ini ia mendirikan perkiraan lilitan sama baris primer sebanyak 200. Sedangkan untuk kumparan buat sekunder ia menjadikan 20 lilitan. Jika Sandi menyiapkan test dan memasukan input sebesar 220V berapakah bujet output yang dihasilkan transformator ini?

Jawab:

Dari penjelasan di kepada, Anda arif incaran berikut ini:

Np sebanyak 200 lilitan (lilitan kepada kumparan primer)

Ns sebanyak 20 lilitan (lilitan kepada kumparan sekunder)

Vp sebesar 220V (tegangan input)

Vs = ? (tegangan output)

Pada trafo step down, tegangan yang dihasilkan tentang output akan segera lebih kicik dibanding input. Dari kesetaraan ini, Anda bisa mempertimbangkan dengan mendirikan hal berikut:

Ns = Np x (Vs / Vp)

20 = 200 x (Vs / 220)

20 / 200 = Vs / 220

1 / 100 = Vs / 220

Vs = (1 / 100) x 220

Vs = 2,2V

Jadi jawabannya yakni 2,2V pada besaran output transformator step down yang dibuat untuk Sandi.

Contoh Soal 5

Radu ingin memasang transformator step up bersandar-kan mengimplementasikan dua kumparan yang pasti ia hendak. Kumparan ini ini berupa lilitan demi taksiran 800 dan juga 40. Jika Radu ingin menyiapkan perangkat  transformator step up yang berkecukupan membentuk output sebesar 220V, berapa besaran tegangan yang harus digunakan kalau Radu?

Jawab:

Pada soal di ala, tidak dijelaskan mana lilitan sekunder dan mana lilitan yang primer. Tapi beradasarkan brevet transformator step up, Anda cendekia nilaian lilitan untuk berkenaan larik primer pada kerap lebih semu dibandingkan sekunder. Dari objek ini dongeng bisa ditentukan sasaran gaya berikut:

Np sebanyak 40 lilitan (lilitan sama kumparan primer)

Ns sebanyak 800 lilitan (lilitan akan kumparan sekunder)

Vs sebesar 220V (tegangan output)

Vp = ? (tegangan input)

Menggunakan data tersebut, cerita Anda bisa olah datanya dalam rumus macam berikut:

Ns = Np x (Vs / Vp)

800 = 20 x (220 / Vp)

800 / 20 = 220 / Vp

40 = 220 / Vp

Vp = 40 / 220

Vs = 0,18V

Jadi jawabannya merupakan 0,18V guna besaran input yang harus digunakan akan Radu sama transformator step up buatanya.

Contoh Soal 6

Sasa sedia transformator step down lancung sendiri yang berdiri lilitan primer sebanyak 50 dan lilitan sekunder sebanyak 10. Jika Sasa membongkar fasilitas ini dan membuatnya sebagai trafo kepada step up tanpa mengalih bujet lilitan yang digunakan tapi hanya menukarnya. Berapa output yang didapat andaikan Sasa memasukan 50V gaya input?

Jawab:

Pada soal di atas, tidak dijelaskan mana lilitan sekunder dan mana lilitan yang primer. Tapi terhadap penjelasan di pada, Anda pintar Sasa mengalih kumparan primer dan sekunder tanpa mengganti perkiraan lilitan yang digunakna. Dari awak, berwai diketahui maklumat cara berikut:

Np sebanyak 10 lilitan (lilitan akan kumparan primer)

Ns sebanyak 50 lilitan (lilitan mau atas kumparan sekunder)

Vp sebesar 50V (tegangan input)

Vs = ? (tegangan output)

Menggunakan perangkaan tersebut, kisah Anda menghitungnya dalam rumus ajak di bawah ini:

Ns = Np x (Vs / Vp)

50 = 10 x (Vs / 50)

50 / 10 = Vs / 50

5 = Vs / 50

VS = 5 x 50

Vs = 250V

Jadi jawabannya yaitu 250V beri besaran output yang untuk berkenaan dihasilakn akan transformator fiktif Sasa.

Bagaimana memeluk Anda soal uraian seputar trafo di ala? Apakah Anda laksana lebih akil untuk berkenaan konsep alat perbuah tegangan ini? Mudah – mudahan polemik ini dapat membantu mengawali wawasan Anda demi lebih luas. Terima pemberian penyungguhan meneladan dan supaya info ini berfaedah mau atas Anda.

2 Macam Dan Ciri Lengkap Transformator (Trafo) Step Up & Step Down | WeSchool.ID

Ciri Ciri Trafo : trafo, Macam, Lengkap, Transformator, (Trafo), WeSchool.ID

Ciri Ciri Trafo Step Down Adalah Sebagai Berikut Kecualia.vp]vsb.np]nsc.ip]idd.ip]id - Brainly.co.id

Ciri Ciri Trafo : trafo, Trafo, Adalah, Sebagai, Berikut, Kecualia.vp]vsb.np]nsc.ip]idd.ip]id, Brainly.co.id

Ciri Trafo Step Up Dan Step Down – Sedang

Ciri Ciri Trafo : trafo, Trafo, Sedang

PANDU MEDIA BELAJAR IPA (FISIKA) SMP KELAS 9: Jenis Transformator

Ciri Ciri Trafo : trafo, PANDU, MEDIA, BELAJAR, (FISIKA), KELAS, Jenis, Transformator

11.docx - 1 Ciri-ciri Trafo Step-up A Jumlah Lilitan Kumparan Primer Selalu Lebih Kecil Dari Jumlah Lilitan Kumparan Sekunder(Np < Ns B Tegangan Primer | Course Hero

Ciri Ciri Trafo : trafo, 11.docx, Ciri-ciri, Trafo, Step-up, Jumlah, Lilitan, Kumparan, Primer, Selalu, Lebih, Kecil, Sekunder(Np, Tegangan, Course

Transformator/ Trafo

Ciri Ciri Trafo : trafo, Transformator/, Trafo

Ciri Trafo Step Up Dan Step Down – Sedang

Ciri Ciri Trafo : trafo, Trafo, Sedang

218413101 Makalah Munakahat Nikah

Ciri Ciri Trafo : trafo, 218413101, Makalah, Munakahat, Nikah

Down Ciri-ciri Kedua Jenis Trafo Adalah:... - Jasa Instalasi Listrik Pekuncen Wa 088215492959 | Facebook

Ciri Ciri Trafo : trafo, Ciri-ciri, Kedua, Jenis, Trafo, Adalah:..., Instalasi, Listrik, Pekuncen, 088215492959, Facebook

Sebutkan Empat Ciri Ciri Trafo Step Down - Sebutkan Itu

Ciri Ciri Trafo : trafo, Sebutkan, Empat, Trafo

Dua Transformator Ideal Masing Masing Dihubungkan Pada Sumber Tegangan 220 V Seperti Gambar - Brainly.co.id

Ciri Ciri Trafo : trafo, Transformator, Ideal, Masing, Dihubungkan, Sumber, Tegangan, Seperti, Gambar, Brainly.co.id